Sabtu, 22 November 2008

B3 your self

Jadilah diri sendiri...
Gampang memang cara ngungkapinnya, dan banyak orang bahkan bisa ngomong kata-kata kayak gitu, padahal pada kenyataannya kalo dilihat-lihat dari sikap dan tindak tanduknya mencerminkan kalo kata-kata itu tidak melekat pada dirinya dan cuma jadi hiasan bibir aja, lip service kata orang bule sih. Buktinya banyak banget deh, ntar dijabarin kalo halaman ini muat.

Be Your Self disini saya artikan sebagai kemandirian.
Kemandirian dalam segala hal, dari lisan atau ucapan, sikap terhadap diri sendiri, sikap terhadap orang lain, bahkan sampai pada sikap dan tingkah laku ketika ada atau tidak ada orang disekelilingnya.

Kok bisa kemandirian sih artinya?!

Jadi begini, saya artikan be your self sebagai kemandirian artinya setiap individu diharapkan tidak bergantung atau mengandalkan setiap langkah yang akan dikerjakan, yang sedang dikerjakan dan bahkan yang sudah dikerjakan dimasa lampu kepada orang lain. Ide itu mengalir dari dirinya atas pandangan atau pelajaran yang diambil dari lingkungannya, dan bukan mengambil bulat-bulat apa yang disarankan atau apa yang telah dilakukan oleh orang lain. Sedangkan saran atau masukan atau apa yang dilihat dari lingkungannya, hal itu hanya dijadikan sebagai bagian dari keputusan yang akan diambil dan kalaupun diambil salah satu dari sekian banyak contoh yang ada pada lingkungan tersebut, bukan dijadikan sebagai landasan anda untuk tidak bertanggungjawab atas keputusan yang anda buat. Sebagai contoh ketika ada menerima ide dari seseorang dan menjalankan ide tersebut dan ternyata anda gagal menjalankan ide tersebut, janganlah sekali-kali terbersit dibenak anda bahwa yang memberikan ide tersebut telah menjerumuskan anda, tapi sebaliknya anda harus berfikir kembali (instrospeksi) bagian mana dari ide tersebut yang tidak cocok dengan anda sehingga anda gagal dalam menjalankannya. Bila ada hanya bisa menyalahkan orang lain atas ide yang ambil maka hal sebaliknya akan sangat mungkin terjadi yaitu ketika anda berhasil dan sukses menjalankan ide tersebut maka dua kemungkinan yang akan anda katakan, "Yes, berkat ide kamu saya sukses " atau "Untung saya mengambil ide darinya, coba kalau saya ikuti ide yang lain, bisa hancur saya". Kata-kata atau ungkapan seperti itulah yang menjadikan anda adalah orang yang tidak mandiri, orang yang tidak punya sikap dan jelas-jelas sebagai orang yang tidak bisa bertanggungjawab.

Tidak ada komentar: