Sabtu, 22 November 2008

be your self

Kata bijak "jadilah diri sendiri" memang seakan tidak bermakna. Tetapi sebenarnya kata-kata ini cukup ampuh untuk pembentukan diri yang akan mempengaruhi kelangsungan karir. Menjadi diri sendiri membuat kalian memiliki fondasi kepribadian yang kuat. Ada beberapa faktor yang berperan untuk membentuk diri sendiri, simak deh artikel berikut...



-----
Setiap orang pasti akan berbeda, baik itu secara fisik maupun psikis atau kejiwaan sehingga memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda pula. Hal ini menyiratkan bahwa di satu sisi anda memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain tetapi di sisi lain anda juga memiliki kekurangan daripada orang lain. Kesadaran seperti ini akan membantu anda merasa aman dan nyaman dalam menerima kondisi anda yang sesungguhnya. Anda tidak merasa risau dengan keberadaan orang lain. Hal ini juga akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri anda.

Secara fisik anda pasti telah mengenali diri anda dengan baik. Tetapi hal-hal fisik ini tidak cukup untuk mengenali diri sendiri. Anda dituntut untuk mengenali hal-hal yang bersifat non fisik seperti bagaimana sifat, watak, kebiasaan dan kepribadian anda. Hal seperti inilah kualitas diri anda terbentuk.

Setiap orang tidak lepas dari kelemahan dan kekurangan. Tetapi jangan sesekali anda menyesalinya dan jangan membandingkan kekurangan anda dengan kelebihan orang lain. Karena anda juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tapi jangan sampai anda menempuh 'jalan pintas' untuk merubah diri anda. Akan lebih baik, anda menggali kelebihan yang anda miliki untuk menutupi kekurangan anda.

Lakukan evaluasi terhadap diri sendiri untuk mencapai apa yang anda inginkan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengidentifikasi terhadap berbagai hambatan maupun yang memperlancar kesuksesan anda. Aspeknya bisa dilihat dari fisik maupun non fisik. Jika anda merasakan kekurangan di satu sisi maka anda harus berusaha memperbaikinya. Mintalah bantuan orang lain yang mengenal anda untuk mengevaluasi diri. Jadi anda akan mendapatkan penilaian objektif tentang diri anda dan hal ini bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan diri.

Berpikirlah positif tentang diri anda, meski memiliki kekurangan tetapi jangan menilai buruk dan membenci diri sendiri. Jika anda selalu memikirkan kelemahan anda maka anda akan sulit menerima dan menghargai diri sendiri. Jadi mulailah dari diri anda sendiri, yaitu menghargai diri sendiri.

Modal utama untuk menjadi diri sendiri adalah rasa percaya diri sehingga anda bisa menerima diri anda sendiri. Dengan begitu segala suasana dan kondisi apapun, anda tetap percaya diri. Karena anda memiliki kebanggaan yang bersifat pribadi terhadap diri. Jadi gali dan tingkatkan terus hal-hal yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri anda.

Sikap dan pemikiran yang realitas juga harus anda perhatikan. Sadarilah bahwa anda tidak mungkin bisa menyamai orang lain, baik fisik, kepintaran ataupun kesuksesannya. Anda bisa meraih kesuksesan tapi bukan kesuksesan yang telah diraih oleh orang lain. Apapun adanya diri anda, terima dan hargai diri anda sebagai pribadi yang memiliki segala kekurangan dan kelebihan. Dengan begitu, anda akan menjadi pribadi yang kuat dan bersahaja. (sumbererempuan)

Tidak ada komentar: